twitter






A.   Peserta
Peserta lomba adalah siswa/siswi Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan se Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY dengan rincian sebagai berikut:
1.   Setiap sekolah diwakili oleh maksimal 2 tim debat yang masing-masing terdiri dari 3 orang. 1 tim akan berada pada main list (tim inti), sedangkan 1 tim lain berada pada waiting list (tim cadangan). Tim pada waiting list dapat mengisi main list apabila masih ada slot yang tersedia sebelum hari-H.
2.  Untuk pelaksanaan lomba debat setiap tim didaftarkan kepada panitia dengan menyerahkan:
a.  Surat Delegasi dari pihak sekolah
b.  Formulir pendaftaran lomba yang telah diisi lengkap (terlampir)
c.  Fotokopi kartu pelajar tiap peserta 1 lembar
d.  Pas foto berwarna 3 x 4 @1 lembar
e.  Uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (non-akomodasi). Jika   menghendaki  penyediaan akomodasi dari pihak panitia, peserta harus membayar  uang akomodasi sebesar @Rp 40.000,00 per orang (akomodasi penginapan, konsumsi, dan transportasi dari penginapan ke venue selama sehari).
f.  Bukti Transfer Pembayaran Lomba. Pembayaran dilakukan via transfer ke rekening:
    BRI Kanca UNS
    a.n. Mia Febriana
    no. rekening 1298-01-000386-53-5
3.  Minimal salah satu anggota dari tim peserta lomba tiap sekolah beserta seorang pendamping debat harus mengikuti Technical Meeting pada hari Sabtu18 Februari 2012 pukul 12.30 WIB di Ruang 2 Gedung E FKIP UNS.
4.  Pada Hari-H, peserta lomba diwajibkan untuk mengenakan seragam sekolah dan bersepatu.

B.  Materi Lomba
Materi lomba terdiri dari 1 (satu) jenis, yaitu:
Lomba Debat Berbahasa Inggris (English Debate Competition).

C.  Tim Penilai
Terdiri dari 12 orang juri dari kalangan mahasiswa yang kompeten dan terakreditasi di tingkat nasional.

D.  Kriteria Pemenang Lomba
Penentuan pemenang English Debate Competition Esa’s Fair 2012 ditentukan berdasarkan penilaian dewan juri yang menilai dari aspek matter, manner, dan method.

E.   Hadiah Lomba
Juara I            : Piala+Sertifikat+Uang Tunai Rp 1.000.000,00
Juara II           : Piala+Sertifikat+Uang Tunai Rp     750.000,00
Juara III          : Piala+Sertifikat+Uang Tunai Rp     500.000,00

F.  Waktu danTempat Pelaksanaan Lomba
Lomba dilaksanakan pada:
1.      Hari/tanggal       : Sabtu-Minggu, 3-4 Maret 2012
2.      Waktu                 : Pukul 07.00 WIB s.d. selesai
3.      Tempat         : Gedung E FKIP UNS, Jalan Ir. Sutami 36A Kentingan,   Surakarta

G.  Ketentuan Lomba
Setiap tim debat tampil selama kurang lebih 30 menit, sehingga setiap pertandingan akan berlangsung kurang lebih selama 60 menit, dengan ketentuan sebagai berikut:
1.   Nama-nama peserta lomba debat sebagai perwakilan sekolah harus sudah didaftarkan kepada panitia selambat-lambatnya hari Jumat, 17 Februari 2012.
2.   Sistem Pertandingan dilakukan dengan cara sebagai berikut:
(SKEMA PERTANDINGAN terlampir)


Hari Pertama
Preliminary Round dibagi menjadi empat pool mempertandingkan 20 tim dalam 10 battle, yang akan menentukan 8 quarterfinalist dari keseluruhan tim berdasarkan victory point, score, dan margin. Masing-masing pool mempertandingkan 2 tim dalam kurun waktu tiga kali berturut-turut.

Hari Kedua
Quarterfinal Round mempertandingkan 8 quarterfinalis yang diperoleh dari peringkat tertinggi dari victory pointscore, dan margin point dari tiga kali preliminary round. Kedelapan Quarterfinalist dipertandingkan dalam 4 battle untuk menentukan semifinalist. Penentuan tim-tim yang akan berhadapan di masing-masing battle adalah berdasarkan posisi tim di klasemen akhir setelah tiga babak penyisihan di hari pertama. Mulai dari babak ini, sistem yang dipakai adalah sistem gugur.
Semifinal Round mempertandingkan 4semifinalis pemenang babak quarterfinal dalam 2battle. Masing-masing battle mempertandingkan 2 tim semifinalis yang belum pernah berhadapan.
Additional Round mempertandingkan dua tim yang kalah di babak semifinal guna  memperebutkan juara ketiga dan keempat.
Final Round, mempertandingkan 2 tim finalis pemenang babak semifinal dalam 1 battle. Timyang bertanding di battle final round tersebut adalah grand finalist, yang akan menduduki posisi Juara I dan Juara II.
Format debat menggunakan Format Debat Parlemen Australasia, yang menghadapkan dua tim: Tim Afirmatif dan Tim Negatif yang masing-masing berusaha meyakinkan Tim Adjudicator (Dewan Juri). Masing-masing tim menampilkan 3 pembicara utama (substantial speech) @ 7 menit dan 1 pembicara balasan (reply speech) @ 4 menit.
1.   Kejuaraan ditentukan berdasarkan penilaian dewan juri yang akan menilai aspek-aspek berikut:
a.  Aspek Materi (Matter) dengan bobot 40 %, yang meliputi unsur-unsur Logika argumentasi dan Relevansi argumen dengan topik.
b.  Aspek Sikap (Manner) dengan bobot 40 %, yang meliputi Cara berbicara di hadapan publik dan Cara presentasi kasus.
c.  Aspek Metode (Method) dengan bobot 20 %, yang meliputi Struktur dan Urutan pidato.

2.   Dewan Juri akan menentukan 3 tim pemenang debat: Juara I, II, dan III.
3.   Keputusan Dewan Juri tidak bisa diganggugugat.
4.   Kejuaraan pada lomba debat bahasa Inggris ini ditentukan dari HASIL LOMBA DEBAT.  
5.  Topik-topik (motion) impromptu untuk lomba debat diberikan setengah jam sebelum lomba, dengan cara ditentukan berdasarkan prioritas pilihan masing-masing tim dari 3 topik (motion) yang ditawarkan.  Sedangkan, MOTION PREPARED DAPAT DIAKSES DI SINI.
Hal-hal lain yang belum tercantum pada ketentuan ini akan dibicarakan pada pertemuan teknis (technical meeting) yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Februari 201pukul 12.30 WIB di Ruang 2 Pendidikan Bahasa Inggris, Gedung E FKIP UNS.

H.       Pendaftaran
Pendaftaran (konfirmasi untuk berpartisipasi) dengan datang langsung ke Sekretariat ESA selambat-lambatnya hari Jumat, 17 Februari 2012.
Informasi lebih lanjut bias didapatkan dengan
1.      mengakses blog ESA
2.      contact person:
   a.     Yeni Karlina            : 085 293 301 412
   b.     Nia Annisa Fitri      : 085 640 357 314
3.     email dan facebook HMP ESA di pendidikaninggris@gmail.com
4.     download formulir pendafaran klik disini 
Rabu, 25 Januari 2012 | 0 komentar |

0 komentar:

Posting Komentar